Studi Deskriptif Tentang Gangguan Pola Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37985/apj.v1i4.15Keywords:
Gangguan Pola Tidur, Konsentrasi Belajar, Mahasiswa, Kualitas TidurAbstract
Gangguan pola tidur menjadi masalah yang semakin umum di kalangan mahasiswa dan dapat memengaruhi konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara gangguan pola tidur dan konsentrasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan 150 mahasiswa sebagai responden yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan tes konsentrasi berbasis Stroop Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 68% mahasiswa mengalami kualitas tidur yang buruk, dengan rata-rata waktu tidur kurang dari 6 jam per malam. Temuan juga menunjukkan korelasi negatif antara kualitas tidur yang buruk dan tingkat konsentrasi belajar dengan nilai r=−0,55r = -0,55r=−0,55 (p < 0,05). Faktor-faktor seperti beban akademik yang tinggi, penggunaan perangkat elektronik hingga larut malam, serta tekanan psikologis berkontribusi terhadap buruknya kualitas tidur mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan adanya edukasi mengenai manajemen waktu tidur dan strategi relaksasi untuk meningkatkan kualitas tidur serta mendukung proses pembelajaran yang lebih optimal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dian Paramitha Asyari, Dwi Meisyitah Ananda, Fadhilatul Hasnah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).