Studi Deskriptif Tentang Gangguan Pola Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia

Authors

  • Dian Paramitha Asyari Universitas Alifah Padang, Indonesia
  • Dwi Meisyitah Ananda Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Fadhilatul Hasnah Universitas Alifah Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/apj.v1i4.15

Keywords:

Gangguan Pola Tidur, Konsentrasi Belajar, Mahasiswa, Kualitas Tidur

Abstract

Gangguan pola tidur menjadi masalah yang semakin umum di kalangan mahasiswa dan dapat memengaruhi konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara gangguan pola tidur dan konsentrasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan 150 mahasiswa sebagai responden yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan tes konsentrasi berbasis Stroop Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 68% mahasiswa mengalami kualitas tidur yang buruk, dengan rata-rata waktu tidur kurang dari 6 jam per malam. Temuan juga menunjukkan korelasi negatif antara kualitas tidur yang buruk dan tingkat konsentrasi belajar dengan nilai r=−0,55r = -0,55r=−0,55 (p < 0,05). Faktor-faktor seperti beban akademik yang tinggi, penggunaan perangkat elektronik hingga larut malam, serta tekanan psikologis berkontribusi terhadap buruknya kualitas tidur mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan adanya edukasi mengenai manajemen waktu tidur dan strategi relaksasi untuk meningkatkan kualitas tidur serta mendukung proses pembelajaran yang lebih optimal.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Asyari, D. P., Ananda, D. M., & Hasnah, F. (2024). Studi Deskriptif Tentang Gangguan Pola Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia. Applicare Journal, 1(4), 87–95. https://doi.org/10.37985/apj.v1i4.15

Citation Check

Most read articles by the same author(s)