Pengaruh Edukasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi terhadap Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana pada Siswa SDN 23 Pasir Sebelah Kecamatan Koto Tangah
DOI:
https://doi.org/10.37985/apj.v1i4.9Keywords:
Edukasi, mitigasi gempa, siswa, tingkat pengetahuanAbstract
Gempa bumi yang terjadi di Indonesia pada tahun 2023, BMKG mencatat aktivitas gempa dengan magnitudo di atas 5,0 sebanyak 219 kali yang dapat menyebabkan kerusakan. Salah satu penyebab tingginya risiko gempa bumi disebabkan oleh beberapa aktivitas 7 segmen sesar sumatera. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi mitigasi bencana gempa bumi terhadap tingkat pengetahuan kesiapsiagaan bencana pada siswa SDN 23 Pasir Sebelah Kecamatan Koto Tangah Tahun 2024. Jenis penelitian kuantitatif metode pre-eksperimen design dengan jenis rancangan one group pretest-posttest. Penelitian ini telah dilakukan dari bulan Maret – Agustus tahun 2024 di SDN 23 Pasir Sebelah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III sampai kelas V sebanyak 141 siswa dengan jumlah sampel 58 yang diambil secara proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner pretest-posttest. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan perbedaan rata – rata tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi mitigasi bencana gempa bumi dengan nilai mean pretest 40,14 dengan SD 11,359 dan nilai mean posttest sebesar 93,53 dengan SD 7.161 perbedaan nilai rata – rata sebesar 53,39. Hasil analisis bivariat menggunakan uji wilxocon mendapatkan nilai p-value = 0,00 (p<0,05). Didapatkan perbedaan rata-rata tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan edukasi mitigasi bencana gempa bumi pada siswa SDN 23 Pasir Sebelah Kecamatan Koto Tangah Tahun 2024. Diharapkan pihak sekolah dapat bekerja sama dengan BPBD memberikan edukasi kepada siswa dan menyediakan pemasangan informasi visual di Sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Tri Wantari Regina, Gusrianti Gusrianti, Fadillah Ulva

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).